Semua Penumpang Pesawat An-28 yang Hilang dari Radar Selamat

By Nad

nusakini.com - Internasional - Semua 19 orang yang berada di pesawat jenis Antonov An-28 asal Rusia yang sempat hilang dari radar di Siberia selamat setelah pesawat ini mendarat dengan keras pada hari Jumat (16/7).

Pesawat yang dioperasikan oleh perusahaan SiLA yang menawarkan layanan penerbangan regional di Siberia, sempat menghilang saat sedang dalam perjalanan dari kota Kedrovy ke kota Tomsk.

Namun, pesawat ini berhasil ditemukan setelah beberapa helikopter ditugaskan untuk mencarinya. Kementerian darurat mengatakan 19 orang yang berada di pesawat aman dan selamat dan mereka sedang dievakuasi dari tempat peristiwa.

Kejadian ini terjadi kurang dari dua minggu setelah pesawat yang mirip, Antonov An-26 menabrak gunung karena pengelihatan buruk di semenanjung Kamchatka di Rusia, dimana peristiwa ini menewaskan semua 28 orang yang berada di pesawat.

Sebuah pesawat Antonov-28, tipe pesawat yang sama, hilang di Tomsk dan kecelakaan di hutan Kamchatka pada tahun 2010 dan menewaskan 10 orang. Penyelidik mengatakan kedua pilot mabuk saat kecelakaan terjadi.

Standar keselamatan penerbangan di Rusia semakin membaik dalam beberapa tahun terakhir, namun kecelakaan sering terjadi kepada pesawat-pesawat tua di daerah-daerah terpencil.